Kamis, 19 Januari 2012

Pengertian Rekrutmen Dan Tips-Tipsnya


Rekruitmen sebagai suatu proses pengumpulan calon pemegang jabatan yang sesuai dengan rencana sumber daya manusia untuk menduduki jabatan tertentu. Tujuan dari rekruitmen adalah mendapatkan calon pegawai sebanyak mungkin sehingga memungkinkan pihak manajemen (recruiter) untuk memilih atau menyeleksi calon sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh bank. Semakin banyak calon yang berhasil dikumpulkan maka akan semakin baik karena kemungkinan untuk mendapatkan calon terbaik akan semakin besar.
Tujuan dari rekruitmen, seleksi dan proses-proses selanjutnya sampai pada penempatan adalah kecocokkan (to match) antara karakteritik individu (pengetahuan, keterampilan, pengalaman, dan lain-lain) dengan persyaratan jabatan yang harus dimiliki individu tersebut dalam memegang suatu jabatan. Persyaratan tersebut dari segi Soft Competency dan Hard Competency. Soft Competency, yakni persyaratan kompetensi yang terkait dengan perilaku, budaya, dan sikap. Hard Competency,  yakni persyaratan kompetensi yang terkait dengan pengetahuan, keterampilan, dan keilmuan yang diperlukan dalam pekerjaan. Kegagalan dalam mencocokkan kedua hal tersebut dapat menyebabkan kinerja pegawai tidak optimal dan kepuasan kerja sangat rendah, sehingga tidak jarang membuat individu dan oraganisasi menjadi frustrasi.

Tips-tips
Dalam contoh iklan lowongan pekerjaan yang dibutuhkan adalah pegawai untuk mengisi posisi IT (Informasi Teknologi) dimana kualifikasi yang dibutuhkan adalah lulusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer. Maka Anda yang bukan lulusan fakultas selain yang disebut tadi jangan mengirimkan surat lamaran kalau tidak ingin surat lamaran Anda terbuang percuma.
Cermati syarat lamaran apakah ada syarat-syarat yang spesifik agar lamaran Anda tidak terbuang percuma karena tidak memenuhi persyaratan. Sesuaikan kapasitas Anda, layakkah mengajukan lamaran. Seperti lowongan untuk Teller lihat tinggi badan yang disyaratkan dan minimal IPK. Perhatikan baik-baik apakah ada persyaratan ‘bersedia ditugaskan di seluruh Indonesia’ misalnya Anda tidak bisa meninggalkan daerah Anda, ya tidak perlu repot-repot mengirimkan surat lamaran. Batas waktu pengiriman juga jangan luput dari perhatian Anda.
Dalam mencermati rekruitmen suatu perusahaan dan berhasil dalam proses-proses selanjutnya sebaiknya Anda mengetahui karakter dan cirri-ciri menjadi kandidat terbaik. Untuk itu, Anda mesti mengetahui apa karakter dan cirri-ciri dari individu atau orang yang biasa disebut sebagai kanndidat terbaik. Ciri-ciri dasar mereka adalah :
v  Memiliki resume/cv/biodata yang baik, dalam penampilan maupun isinya
v  Memiliki keterampilan/skill yang baik, dibuktikan dari cacatan pendidikan, pelatihan, training
v  Tepat waktu saat dipanggil interview
v  Menyiapkan diri dengan baik saat interview
v  Komunikatif
v  Antusias
v  Melakukan follow up kembali
v  Mempunyai perhatian dan tahu detail perusahaan yang dilamar
v  Memperhatikan interviewer dengan sungguh-sungguh
v  Agresif dalam mencari pekerjaan
v  Tampil mengesankan baik dalam penampilan maupun interview

0 komentar:

Poskan Komentar